Pekerja Disarankan Pulang Lebih Awal Agar Beban Puncak Arus Mudik Berkurang

Pekerja Disarankan Pulang Lebih Awal Agar Beban Puncak Arus Mudik Berkurang

Radarcirebon.com, CIMAHI – Untuk mengurangi beban puncak arus mudik 2022, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyarankan sejumlah hal.

Di antara lain, Wagub Jabar meminta perusahaan segera mencairkan tunjangan hari raya bagi karyawan agar masyarakat kalangan pekerja dapat mudik lebih cepat.

Harapannya beban puncak arus mudik menjadi lebih ringan. Puncak arus mudik di Jabar diprediksi akan terjadi 29-30 April 2022. 

\"Kemarin saya bertemu dengan beberapa perusahaan untuk segera memberikan THR lebih awal, dengan begitu pekerja bisa pulang (baca: mudik) lebih awal sesuai anjuran Presiden Jokowi,\" ujar Uu Ruzhanul Ulum saat mendampingi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Menteri Perhubungan RI di Ruang Rapat Utama Plaza Tol Pasteur, Kota Cimahi, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga:

Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah pekerja terbanyak memiliki peran penting dalam mengurangi beban mudik. Dengan pemberian THR tepat waktu maksimal H-7 maka pekerja dapat mudik pada hari libur yang telah ditetapkan perusahaan.

\"Jabar buruhnya sangat banyak karena memang pabriknya pun banyak,\" tambah Pak Uu, sapaan akrab Uu Ruzhanul Ulum.

Selain industri, sektor lain yang dapat mengurangi beban mudik adalah pendidikan seperti pondok pesantren dan lembaga pendidikan berbasis asrama lainnya.

Manajemen kepulangan santri atau siswa harus betul-betul dipikirkan. 

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: